Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. selain itu, evaluasi memilki berbagai tujuan diantaranya adalah untuk :
- Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa.
- Penempatan siswa ke dalam situasi belajar mengajar yang tepat dan serasi dengan tingkat kemampuan, minat dan berbagai karakteristik yang dimiliki.
- Mengenal latar belakang siswa (psikologis, fisik dan lingkungan) yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa, yakni berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
- Sebagai umpan balik bagi guru, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remdial bagi siswa.
Pengukuran merupakan suatu proses pemberian skor atau angka-angka terhadap suatu keadaan atau gejala berdasarkan atura-aturan tertentu. Dengan demikian terdapat kaitan yang erat antara pengukuran (measurment) dan evaluasi (evaluation) kegiatan pengukuran merupakan dasar dalam kegiatan evaluasi. Evaluasi adalah proses mendeskripsikan, mengumpulkan dan menyajikan suatu informasi yang bermanfaat untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Evaluasi pembelajaran merupakan evaluasi dalam bidang pembelajaran. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran mencakupkegiatan pengukuran dan penilaian.
Prinsip-prinsip evaluasi adalah sebagai berikut:
- Kejelasan tujuan yang akan dicapai dalam suatu kegiatan evaluasi
- Memerlukan adanya kriteria pengukuran
- Melibatkan pihak yang betul-betul memahami tentang konsep dasar pendidikan secara komprehensif
- Menuntut umpan balik dan tindak lanjut, sehingga hasil evaluasi
dapat digunakan untuk membuat kebijakan putusan. Keputusan itu sendiri
dapat berkenaan dengan:Personel yang terlibat, mencakup kemampuan pengertian atau penambahan tenaga.
- Jenis kegiatan dan pelaksanaannya.
- Prioritas kegiatan dan subjek yang dilayani.
- Pembiayaan, waktu dan fasilitas lainnya.
- Kegiatan evaluasi bukan merupakan kegiatan yang bersifat insidental, tetapi merupakan proses kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan.
Kenapa seorang guru perlu melakukan evaluasi pada setiap pengajaran yang telah dilakukan? berikan pendapat anda.