4 Okt 2012

PROFESI PENDIDIKAN (Konsep Dasar Profesi Pendidikan) R.C (B.Indonesia)

Konsep Dasar Profesi Pendidikan

PROFESI PENDIDIKAN
Pertemuan ke 2 Kelas Reguler C
(Prodi B. Indonesia) 
Kamis, 04 OKtober 2012 (13.01.009)
- Dr. Djailani, M.Pd 
- Siraj, S.Pd., M.Pd.

 
 
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga iya dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya. Sebagai pengajar guru mempunya tugas menyelenggarakan proses belajar-mengajar tugas yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan ini pada garis besarnya meliputi minimal empat pokok, yaitu :  
1. Menguasai bahan pengajaran 
2. Merencanakan program belajar-mengajar  
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses belajar-mengajar serta, 
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan belajar-mengajar
Menurut Ornstein dan Levine (1984) menyatakan bahwa profesi adalah jabatan sepanjang hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan,menggunakan hasil penelitian dan aplikasi teori ke praktek, memerlukan pelatian khusus, mempunyai persyaratan masuk, mempunyai otonami dalam ruang lingkup kerjanya, bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil, mempunyai komitmen terhadap jabatan dan klien, menggunakan administrator, mempunyai organisasi yang dikelola anggota profesi, mempunyai kode etik, memiliki kepercayaan publik yang tinggi, mempunyai status sosial yang tinggi, ada kelompok elit untuk menilai keberhasilan.
Suatu profesi memerlukan kompetensi khusus yaitu kemampuan dasar berupa ketrampilan menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis. Guru memerlukan kompetensi khusus yang berkenaan dengan tugasnya. Hal itu karena pendidikan tidak terjadi secara alami, tetapi dengan disengaja (disadari).  Menurut Sanusi (2001) ciri-ciri utama profesi adalah sebagai berikut:
  1. Suatu jabatan yang memiliki fungsi dan signifikansi sosial yang mnenetukan (crusial),
  2. Menuntut keterampilan dan keahlian tertentu,
  3. Memerlukan pendidikan tingkat tinggi dengan waktu yang lama,
  4. Berpegang teguh pada kode etik,
  5. Memiliki otonomi terhadap masalah yang dihadapinya,
  6. Bertanggung jawab terhadap tindakannya,
  7. Memiliki prestise yang tinggi di masyarakat
Dalam Buku Sejarah Pendidikan Indonesia, pada zaman Belanda guru pada mulanya diangkat dari orang-orang yang tidak dididik untuk menjadi seorang guru. Secara berangsur-angsur ditambah dan dilengkapi oleh guru-guru lulusan sekolah guru(Kwekschool) yang pertama kali didirikan pertama kali di Solo(1852). Karena kebutuhan guru yang semakin mendesak maka pemerintah Hindia Belanda mengangkat 5 macam guru yaitu:
  1. Guru lulusan sekolah guru.
  2. Bukan lulusan sekolah guru tapi lulus ujian untuk menjadi guru.
  3. Guru bantu( guru yang lulus tes guru bantu).
  4. Guru yang di magangkan kepada guru senior( merupakan calon guru).
  5. Guru dari warga yang pernah mengecap pendidikan.
Keadaan seperti di atas berlangsung sampai akhir perang kemerdekaan. Seiring berjalannya waktu sekolah guru makin meningkatkan mutunya, sehinnga hanya ada satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan saat ini di Indonesia telah ada organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia. Dalam sejarahnya guru pernah mempunyai staus yang tinggi d masyarakat. Namun saat ini telah mulai memudar pudar seiring kepedulian yang tinggi terhadap imbalan balas jasa. Selain itu kalah gengsi dari jabatan lain yang pendapatannya lebih baik.
Mengapa anda sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan?

Anda akan di anggap hadir jika memberikan komentar pada bahan bacaan di atas. Terima kasih. (
tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama, Nim, dan Ruang). Terima kasih).

14 komentar:

tara rita mengatakan...

Nama : Rahmad Nuthihar
NIM : 1006102040005
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

_______________________________________________
Mengapa anda sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan?
_______________________________________________

Menurut saya ;
Sebagaimana yang kita ketahui, guru merupakan profesi dan dibutuhkan sikap professional dalam menjalankan tugasnya. Sebagaimana yang dikatakan Ornstein dan Levine (1984) profesi adalah jabatan sepanjang hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan dalam hal menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis.

Dengan adanya pengetahuan menyangkut profesi guru, kedepan sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) atau calon tenaga pendidik mampu memaksimalkan tugas dan perannya dalam hal mencerdaskan anak bangsa.

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya menfokuskan pada intelektual peserta didiknya. Sikap tingkah laku dari peserta didik adalah hal yang teramat penting dan perlu ditumbuh kembangkan pada sang anak, sehingga ketika berada bergabung dalam komunitas tertentu Ianya memiliki moral yang baik dan tidak serta-merta bersikap angkuh dengan kempampuan intelektual yang dimilikinya.

Hemat saya, mata kuliah profesi pendidikan sangatlah penting, karena di dalam perkuliahan tersebut akan mempelajari banyak hal menyangkut profesi guru. Dikarenakan guru yang professional akan berpegang teguh pada kode etik, bertanggung jawab terhadap tindakannya. Dan juga memiliki prestise yang tinggi di masyarakat, hal tersebut tentunya akan kita ketahui setelah mempelajari ilmu profesi pendidikan.


Admin mengatakan...

Nama : Andrian
NIm : 1006102040028
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dikarenakan tugas guru sebagai seorang pendidik haruslah memahami fungsi dan tugasnya. Seorang guru yang akan terjun ke dunia pendidikan harus dibekali dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar. Guru yang memahami fungsi dan tugasnya tidak hanya sebatas mengajarkan siswanya, tetapi juga sebagai penghubung sekolah dengan masyarakat.

Dengan kita mempelajari ilmu profesi keguruan, kita mampu mengoptimalkan peranan seorang guru. Dikarenakan di dalam perkuliahan Profesi Pendidikan, di dalamnya akan diajarkan bagaimana menjadi guru yang profesional. Guru merupakan profesi yang meliputi jabatan fungsional Menurut UU No. 14 Tahun 2005 disebutkan ;

“Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan fomal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah”

Ilmu Profesi pendidikan sangatlah berguna terutama membimbing calon guru menjadi guru yang professional. Sebagaimana kata professional diartikan ;

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadikan sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.”

Sebagai calon guru, kedepan saya akan menerapakan ilmpu profesi yang telah saya pelajari untuk berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa. Oleh karena itu secara langsung guru yang professional ikut berperan dalam membentuk sikap dan mencerdaskan generasi bangsa.

Anonim mengatakan...

Nama : Sarah Nadia
NIm : 1006102040024
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Mata kuliah profesi pendidikan ini mata kuliah syarat untuk mengikuti mikro. Tetapi, dari ini semua memang ada tujuannya tersendiri kita sebagai calon guru sangat diperlukan untuk mempelajarinya. Agar memiliki keterampilan dalam menjalankan tugas sebagai guru yang sesuai dengan aturan, prosedur kerja, dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada.
sehingga kita sebagai guru mampu memiliki sikap profesionalitas dalam menjalankan tugas seorang guru tidak dengan setengah hati, tetapi dengan sepenuh hati.:-)

Anonim mengatakan...

Nama : Wahyumi
Nim : 1006102040040
Kelas : Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia

Menurut saya, karena mata kuliah ini sangat membantu guru untuk mengetahui peran dan fungsinya. Sebagai tenaga pengajar guru dituntut untuk profesional dalam belajar mengajar. Dalam menjalankan tugasnya guru harus mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar mengajar ada empat pokok yang harus dimiliki guru yaitu:

1. Menguasai bahan pengajaran
2. Merencanakan program belajar-mengajar
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses belajar-mengajar serta,
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan belajar-mengajar

Oleh karena itu, mata kuliah profesi pendidikan menjadi dasar atau teori yang harus diterapkan pada praktiknya kelak.

Anonim mengatakan...

Nama : Rahmiana
Nim : 1006102040018
Kelas : Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia

Menurut saya, sebagai calon guru mata kuliah profesi kependidikan dan keguruan ini sangatlah perlu untuk mengajar nantinya. Pada mata kuliah ini akan di ajarkan semua yang menyangkut profesi seorang guru.
Menurut Ornstein dan Levine (1984) menyatakan bahwa profesi adalah jabatan sepanjang hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan,menggunakan hasil penelitian dan aplikasi teori ke praktek, memerlukan pelatian khusus, mempunyai persyaratan masuk, mempunyai otonami dalam ruang lingkup kerjanya, bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil, mempunyai komitmen terhadap jabatan dan klien, menggunakan administrator, mempunyai organisasi yang dikelola anggota profesi, mempunyai kode etik, memiliki kepercayaan publik yang tinggi, mempunyai status sosial yang tinggi, ada kelompok elit untuk menilai keberhasilan.

jadi, mata kuliah ini sangat membantu saya untuk mengajar peserta didik kelak ;)

Anonim mengatakan...

Nama: Intan Desiana Sari
Nim: 1006102040050
Kelas: Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia

Menurut saya, seabagai calon guru yang selalu dituntut untuk menjadi pengajar yang profesional, kita haruslah memiliki keteramilan tertentu, pernah mengikuti pelatihan khusus, bertanggung jawab terhadap keputusan yang akan kita ambil nanti dan mempunyai komitmen terhadap jabatan kita. karena tuntutan tersebutlah kita perlu mempelajari PROFESI PENDIDIKAN karena didalam mata kuliah inilah kita diajari konsep-konsep untuk menjadi pengajar yang profesional kelak.:)

Anonim mengatakan...

Nama : Rita Sriwahyuni
NIM : 100610204003
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Menurut saya, mata kuliah Profesi Pendidikan ini adalah mata kuliah yang mempelajari tentang keprofesionalan seorang guru dalam mengajar. Mengapa mahasiswa perlu belajar tentang Profesi Pendidikan ini? Karena mata kuliah Profesi mempunyai tujuan untuk tercapainya proses belajar yang efektif. Selain itu, sebagai seorang calon guru kita wajib mengetahui peran guru dalam proses belajar mengajar. Kerena dalam proses belajar mengajar, peran guru sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Seperti yang dikemukakan oleh Ornstein da Lavine bahwa profesi adalah jabatan sepanjang hayat yang membutuhkan ilmu dan keterampilan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kesimpulan dari penjelasan diatas ialah dengan mempelajari mata kuliah Profesi Pendidikan ini kita mengetahui peranan guru dalam pendidikan dan keprofesionalan seorang guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Kita seorang guru mampu menerapkan teori-teori yang dijelaskan diatas pada saat mengajar kelak.

Anonim mengatakan...

Nama : elisa Yanti
NIM : 1006102040033
Ruang : Reguler C Pendikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Karena Profesi itu sendiri merupakan suatu pekerjaan pokok yang harus dilakukan untuk menafkahi kebutuhan hidup, dibidang pendidikan Profesi itu penting karena pekerjaan yang kita lakukan disekolah, kita sebagai seorang guru harus melakukan pekerjaan kita sesuai dengan yang dianjurkan, kita tidak bisa meninggalkan pekerjaan kita begitu saja, harus dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Profesi

Anonim mengatakan...

Nama : Wilda Azlina
NIM : 1006102040021
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

karena Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukkan sikap yang baik sehingga dapat dijadikan panutan bagi lingkungannya, yaitu cara guru meningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuannya, memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya dan cara guru berpakaian, berbicara, bergaul baik dengan siswa, sesama guru, serta anggota masyarakat.

Anonim mengatakan...

Nama:Wildanum
NIM:1006102040030
Ruang:Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Menurut saya, mengapa saya perlu mengetahui atau belajar profesi keguruan, karena seorang guru harus memiliki kompetensi atau ketarampilan khusus dalam mendidik. Disini seorang guru bertanggung jawab besar dalam mengapdikan dirinya untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional dan diharapkan mampu menjalankan serta melaksanakan tujuan dari pendidikan.Kemarnpuan guru sebagai tenaga kependidikan, baik secara personal, sosial, maupun profesional, harus benar-benar dipikirkan karena pada dasarnya guru sebagai tenaga kependidikan merupakan tenaga lapangan yang langsung melaksanakan kependidikan dan sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan.Terima Kasih :)

Anonim mengatakan...

Nama:Puput Ermania
NIM:1006102040054
Ruang:Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

saya perlu mengetahui atau belajar profesi keguruan, karena seoarang tenaga pendidik harus melaksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang diharapkan.untuk membentuk pribadi para pendidik dan calon pendidik, ilmu tersebut sangat berguna bagi pendidik dan calon pendidik, karena dituntut untuk berpikir kritis dan logis, berperasaan tajam dan berkemauan keras. Guru profesional dan bermartabat menjadi impian kita semua karena akan melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis, dan berakhlak. Guru profesional dan bermartabat memberikan teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat.

Anonim mengatakan...

Nama : Murdiana
Nim : 1006102040063
Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia
Ruang C
Mengapa kita sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan karena profesi kependidikan adalah keahlian atau kemampuan dalam bidang pendidikan meliputi persiapan pembelajaran, penyusunan strategi/ metode pembelajaran, dan penguasaan bahan pembelajaran guna mepersiapkan diri untuk menjalankan tugak sebagai tenaga kependidikan dengan baik.
sebagai kita ketahui, bahwasanya kita sebagai guru telah dipercayakan masyarakat untuk menjadi pendidik guna mencerdaskan anak bangsa. oleh karena itu menjadi seorang guru sebagai pendidik tentu saja terlebih dahulu harus terdidik. oleh sebab itu, kita sebagai calon guru perlu belajar dan mengetahui tentang profesi kependidikan sehingga kita dapat menjaga komitmen sebagai guru dengan mewujudkan proses pembelajaran dengan baik. menjadi seorang guru tidaklah mudah, kita butuh persiapan yang matang yang hanya dapat kita peroleh melalui pendidikan. Bagaimana implementasi tanggung jawab kita dalam lapangan melalui perwujudan dengan menciptakan cara dan strategi pembelajaran yang baik untuk menghasilkan proses belajar-mengajar yang efektif.

Anonim mengatakan...

Nama : Fatmi Zahara
Nim : 1006102040026
Ruang: Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Karena sebelum seseorang menjadi guru harus dibekalkan dulu dengan ilmu prosefi keguruan, seperti yang telah kita ketahui suatu profesi memerlukan kompetensi khusus yaitu kemampuan dasar berupa ketrampilan menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis.
Jadi, kalaupun seseorang memiliki ilmu yang banyak tetapi dia tidak paham dengan ilmu profesi keguruannya itu dikhawatrirkan dia tidak bisa menjadi guru yang profesional, sebab sebagai pengajar atau guru mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar-mengajar, tugas yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan, yaitu:
1. Menguasai bahan pengajaran
2. Merencanakan program belajar-mengajar
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses belajar-mengajar, serta
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan belajar-mengajar

furqan bravo mengatakan...

Nama : Al-Furqan
Nim : 1006102040011
Ruang: Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Jenis pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang diluar bidang kependidikan walaupun kenyataanya masih dilakukan orang di luar pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik yang memiliki komitmen terhadap upaya perubahan dan reformasi. Guru diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan serta sikap yang tepat terhadap pembaharuan dan sekaligus merupakan penyebar ide pembaharuan yang efektif. Oleh karena itu, kita sebagai pendidik harus belajar dan mengetahui tentang profesi pendidikan agar kita bisa jadi guru yang profesional dan juga bisa membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.

Poskan Komentar

 
Unsyiah - IAIN - Kompas