Senin, 01 Oktober 2012

LANDASAN PENDIDIKAN/KONSEP DASAR PENDIDIKAN Pertemuan ke 2 (Biologi)

Konsep Dasar Pendidikan

LANDASAN PENDIDIKAN
Pertemuan ke 1 Kelas Reguler Prodi Biologi
- Dr. Djailani, M.Pd 
- Siraj, S.Pd., M.Pd.

 
 
 
Pendidikan bagi sebagian orang, berarti berusaha membimbing anak untuk menyerupai orang dewasa, sebaliknya bagi Jean Piaget (1896) pendidikan berarti menghasilkan, mencipta, sekalipun tidak banyak, sekalipun suatu penciptaan dibatasi oleh pembandingan dengan penciptaan yang lain. Pandangan tersebut memberi makna bahwa pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dalam arti sempit pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan umunya di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal.
Dalam arti luas pendidikan melipuyi semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya, dan ketrampilannya kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkannya agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah. Artinya pendidikan adalah usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu menimbulkan tanggung jawab moril dari segala perbuatannya.
Konsep dasar pendidikan yang ideal dapat dibagi kedalam enam macam:
1.       Dasar Historis
Dasar yang memberikan persiapan kepada pendidik dengan hasil-hasil pengalaman masa lalu, berupa undang-undang dan peraturan-peraturannya maupun berupa tradisi dan ketetapannya.
2.       Dasar Sosiologis
Dasar berupa kerangka budaya dimana pendidikannya itu bertolak dan bergerak, seperti memindahkan budaya, memilih dan mengembangkannya
3.       Dasar Ekonomis
Dasar yang member perspektif tentang potensi-potensi manusia, keuangan, materi, persiapan yang mengatur sumber keuangan dan bertanggung jawab terhadap anggaran pembelanjaan.
4.       Dasar Politik dan Administrasi
Dasar yang memberi bingkai ideologi (aqidah) dasar yang digunakan sebagai tempat bertolak untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan dan rencana yang telah dibuat
5.       Dasar Psikologis
Dasar yang member informasi tentang watak peserta didik, pendidik, metode yang terbaik dalam praktek, pengukuran dan penilaian bimbingan dan penyuluhan.
6.       Dasar Filsafat
Dasar yang member kemampuan memilih yang terbaik, member arah suatu system yang mengontrol dan member arah kepada semua dasar-dasar yang lain.
Pendidikan yang Islami haruslah menggunakan Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam merumuskan berbagai konsep dasar tentang pendidikan islam. Sunnah merupakan pedoman hidup umat islam setelah Al-Qur’an. Semua amalan yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW, baik itu perkataan maupun perbuatan beliau, dapat dijadikan sumber untuk pendidikan islam, karena Allah SWT telah menjadikan beliau sebagai teladan bagi umatnya.
Karena pandangan hidup (teologi) seorang muslim berdasarkan pada al-qur’an dan al-sunnah, maka yang menjadi dasar pendidikan islam adalah al-qur’an dan al-sunnah tersebut. Jelaslah bagi kita semua bahwa Al-Qur’an dan Sunnah tidak bisa dinafikan sebagai dasar pendidikan islam, yang berfungsi untuk mendesain teori-teori tentang ilmu pendidikan islam.

Anda akan di anggap hadir jika memberikan komentar pada bahan bacaan di atas. Terima kasih. (
tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama, Nim, dan Kelas). Terima kasih).

21 komentar:

Anonim mengatakan...

Nama : Irma haryani
Nim : 1106103010024
Kelas : Regular B

menurut pendapat saya,
saya setuju dengan penjelasa yang dipaparkan diatas, bahwa pendidikan merupakan semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya, dan ketrampilannya kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkannya agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah.
maka dari itu pendidikan sangatlah penting untuk generasi yang akan datang agar bangsa kita semakin penuh dengan pengetahuan.
terima kasih ^_^

Sari Lestari mengatakan...

Mendidik adalah membudayakan manusia. Berbanggalah siapa saja yang menjadi tenaga pendidik. :)

Nama: Sari Lestari
NIM : 1106103010056
Kelas : Reguler B

Anonim mengatakan...

Nama : Ayu Andria
NIM : 1106103010014
Kelas: Reguler B

Komentar saya :
saya setuju dari bacaan di atas, intinya pendidikan itu merupakan suatu proses pembelajaran kearah kedewasaan yang bertanggung jawab serat moral yang baik, dan dapat menjadi contoh yang baik pula bagi orang lain.

Anonim mengatakan...

Di samping pendidikan dari segi akademik, pendidikan karakter juga perlu diterapkan kepada peserta didik agar mempunyai karakter tetap dan tidak cenderung berubah-ubah kestabilan emosinya.

Nama : Amelia Putri
NIM : 1106103010060
Kelas : Reguler B






Anonim mengatakan...

Nama : Rizka Ananda
Nim : 1106103010052
Klas : Regular B

Menurut pendapat saya,
Saya setuju bahwa pendidikan itu adalah membimbing anak untuk menghasilkan, menciptan, serta memberikan kemajuan bagi bangsa dan negara sesuai dengan UUD yang berlaku, saya juga sangat setuju pendidikan didampingi dengan Al-quran, karena Al-quran merupakan pedoman utama umat islam. karena dari Al-quran kita dapat mengetahui cara mendidik yang baik, seperti yang dilakukan Rasulullah saw.
terima kasih :)

Anonim mengatakan...

Nama : syukriah
nim : 1106103010008
kelas : REG B

Alhamdulillah bahannya mudah dimengerti pak,untuk contoh-contoh semoga bisa ditambahkan dikelas, terima kasih

Mujaddid Adid mengatakan...

Nama:Mujaddid
Nim:1106103010040
Kelas: reg B

Dari konsep yang telah bapak uraikan diatas, menggelitik bagi saya yaitu pada bagian penjelasan tentang " Dasar Psikologis". banyak diantara kita yang telah mengenyam dunia pendidikan,tapi dari segi watak,perilaku dan tindakan tidak sesuai dengan seperti yang diharapkan. jadi pertanyaan saya pak, bagaimana sih sebenarnya mengenai dasar psikolis ini????
Sekian terimakasih pak,,

Anonim mengatakan...

Nama: Nursyafny Rizkiana
NIM: 1106103010036
Kelas: REG B

Memberikan pendidikan berarti mengajarkan bagaimana seseorang harus bertindak dan juga diiringi dengan rasa tanggung jawab. pendidikan juga terus berlanjut dari generasi ke generasi...
Alqur'an merupakan pedoman bagi umat islam.., sudah sewajarnya kita sebagai umat islam harus berprilaku sesuai Alqur'an dan sunnah..
:)

Anonim mengatakan...

NAMA : ZUHENDRI FAKSA UTAMA
NIM : 0806103010070
KELAS : REGULER B

Menurut pandangan saya memang pendidikan adalah mengajar yang di utamakan dari generasi tua untuk generasi yang lebih muda agar terbetuk karakter dan citra diri sebagai manusia seutuhnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. dan tidak terlepas juga dari pegangan hidup umat islam yaitu AL:QURAN dan sunnah, karna semua yang ada didunia telah dicantumkan dalam al-quran dan sunnah yang menjadi pedoman dan tuntunan hidup kita agar berbahagia baik didunia dan aqhirat.

angga ghofur mengatakan...

Nama : Angga Prastio
NIM : 1106103010032
Kelas : Reguler B

2.Dasar Sosiologis
Dasar berupa kerangka budaya dimana pendidikannya itu bertolak dan bergerak, seperti memindahkan budaya, memilih dan mengembangkannya

menurut saya, dewasa ini budaya sangat di kesampingkan oleh generasi muda.Padahal, dengan budaya lah karakteristik pendidikan itu dapat muncul.

Pertanyaan saya, bagaimana cara agar budaya dapat diterima dengan mudah dan di kembangkan oleh generasi-generasi muda?????

Vinton Ianda mengatakan...

Nama : Vinton Ianda
Nim : 1106103010012
Kelas : Reguler B

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengenalan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara ( UUSPN No. 20 Tahun 2003 ).

Anonim mengatakan...

Nama : Cut Maulydia Irmas
NIM : 1106103010010
Kelas: Reguler B

Saya setuju banget kalau Pendidikan yang Islami haruslah menggunakan Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam merumuskan berbagai konsep dasar tentang pendidikan islam, Karena pandangan hidup (teologi) seorang muslim berdasarkan pada al-qur’an dan al-sunnah, maka yang menjadi dasar pendidikan islam adalah al-qur’an dan al-sunnah tersebut

Anonim mengatakan...

Nama : Sri Wahyuni
NIM : 1106103010058
Kelas: Reguler B

salah satu inti dari materi di atas: pendidikan adalah usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu menimbulkan tanggung jawab moril dari segala perbuatannya.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum, wr.wb.

Nama : Intan Maulina
NIM : 1106103010022
Kelas : Reguler B

Menurut pendapat saya penyelenggaraan pendidikan berdasarkan konsepsi Islam maupun Landasan filsafat sama pentingnya. Mengapa? Karena dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan konsepsi Islam berpedoman pada Al-qur’an dan hadis. Al-Qur’an merupakan sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia dengan bahasanya yang lemah lembut sehingga al-Qur’an membawa dimensi baru terhadap pendidikan dan berusaha mengajak para ilmuwan untuk menggali maksud kandungannya agar manusia lebih dekat kepada-Nya dan berdasarkan landasan filsafat penting diterapkan karena , salah satu tujuan nasional ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Cerdas dalam arti luas, bukan hanya intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang didasari oleh Pancasila. Sebagai ideologi nasional, Pancasila merupakan kekuatan pemersatu dalam pembangunan karakter bangsa yang salah satunya ialah semangat kebangsaan atau semangat persatuan yang multikultur dalam Bhineka Tunggal Ika.

Anonim mengatakan...

Nama : Intan Zahara
Nim : 1106103010026
Reguler : B

Pendidikan yang Islami adalah sebagai penyiapan kader-kader khalifah dalam rangka membangun kerajaan dunia yang makmur, dinamis, harmonis dan lestari sebagaimana disyaratkan oleh Allah.
Dengan demikian pendidikan islam mestinya adalah pendidikan yang paling ideal, karena kita hanya berwawasan kehidupan secara utuh dan multi dimensional. Tidak hanya berorientasi untuk membuat dunia menjadi sejahtera dan gegap gempita, tetapi juga mengajarkan bahwa dunia sebagai ladang, sekaligus sebagai ujian untuk dapat lebih baik di akhirat. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Nama : Nela Yuliana
NIM :1106103010042
Reguler :B
salah satu hadist riwayat bukhari muslim :

bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya.
Dari situ kita bisa ambil hikmahnya bahwa sesungguhnya manusia yang baik itu adalah manusia yang mempelajari(peserta didik) suatu ilmu dan kemudian menyampaikannnya kepada yang lain(pendidik/guru).

Anonim mengatakan...

nama: Siska Riani
NIM: 1106103010016
Kelas: Reguler B

saya mau bertanya pak,,
bagaimana cara menyelaraskan pendidikan dalam arti luas dan pendidikan yang islami pada saat sekarang ini?

Anonim mengatakan...

Nama : Ramiati
Nim : 1106103010006
Kelas: Reguler B

saya setuju dengan paparan di atas, karena tanpa pendidikan kita tidak akan tahu apapun dan moral juga akan rusak. jika tidak ada pendidikan bagaimana mungkin kita bisa beribadah dengan benar?

Anonim mengatakan...

Nama : Shinta Veroliza
Nim : 1106103010030
Kelas: Reguler B

Saya setuju dengan bacaan di atas. karena pendidikan sangat mempengaruhi nilai moral dan akhlak manusia.

Anonim mengatakan...

Nama : Rita Musfika
Nim : 1106103010018
Kelas: Reguler B

saya sangat setuju dengan penjelasan tentang pendidikan di atas, karena yang saya ketahui pendidikan itu memang sangat penting. pada dasarnya pendidikanlah yang merubah manusia itu menjadi lebih baik.

Anonim mengatakan...

Nama : Riska Yuliandari
Nim : 1106103010028
Kelas: Reguler B

Menurut saya pengertian pendidikan di atas sangat baik. karena pendidikan itu sangat diperlukan untuk kehidupan ini. sejak dari kecil kita sudah di didik oleh orang tua kita. pendidikan sama dengan penggalian ilmu. seperti pribahasa ini "tuntutlah ilmu dari ayunan sampai keliang lahat".begitulah pentingnya pendidikan dan ilmu.

Poskan Komentar

 
Unsyiah - IAIN - Kompas