Konsep Dasar Profesi Pendidikan
Pertemuan ke 2 Kelas Reguler C
(Prodi B. Indonesia)
Kamis, 04 OKtober 2012 (13.01.009)
- Dr. Djailani, M.Pd
- Siraj, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan adalah proses perkembangan
kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yang berlaku dalam
masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu
lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga iya dapat mencapai
kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya. Sebagai
pengajar guru mempunya tugas menyelenggarakan proses belajar-mengajar tugas
yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan ini pada garis besarnya meliputi
minimal empat pokok, yaitu :
1. Menguasai bahan pengajaran
2. Merencanakan program belajar-mengajar
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses
belajar-mengajar serta,
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan
belajar-mengajar
Menurut
Ornstein dan Levine (1984) menyatakan bahwa profesi adalah jabatan sepanjang
hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan,menggunakan hasil penelitian dan
aplikasi teori ke praktek, memerlukan pelatian khusus, mempunyai persyaratan
masuk, mempunyai otonami dalam ruang lingkup kerjanya, bertanggung jawab
terhadap keputusan yang diambil, mempunyai komitmen terhadap jabatan dan klien,
menggunakan administrator, mempunyai organisasi yang dikelola anggota profesi,
mempunyai kode etik, memiliki kepercayaan publik yang tinggi, mempunyai status
sosial yang tinggi, ada kelompok elit untuk menilai keberhasilan.
Suatu
profesi memerlukan kompetensi khusus yaitu kemampuan dasar berupa ketrampilan
menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis. Guru
memerlukan kompetensi khusus yang berkenaan dengan tugasnya. Hal itu karena
pendidikan tidak terjadi secara alami, tetapi dengan disengaja (disadari). Menurut Sanusi (2001) ciri-ciri utama
profesi adalah sebagai berikut:
- Suatu jabatan yang memiliki fungsi dan signifikansi sosial yang mnenetukan (crusial),
- Menuntut keterampilan dan keahlian tertentu,
- Memerlukan pendidikan tingkat tinggi dengan waktu yang lama,
- Berpegang teguh pada kode etik,
- Memiliki otonomi terhadap masalah yang dihadapinya,
- Bertanggung jawab terhadap tindakannya,
- Memiliki prestise yang tinggi di masyarakat
Dalam Buku
Sejarah Pendidikan Indonesia, pada zaman Belanda guru pada mulanya diangkat
dari orang-orang yang tidak dididik untuk menjadi seorang guru. Secara
berangsur-angsur ditambah dan dilengkapi oleh guru-guru lulusan sekolah
guru(Kwekschool) yang pertama kali didirikan pertama kali di Solo(1852). Karena
kebutuhan guru yang semakin mendesak maka pemerintah Hindia Belanda mengangkat
5 macam guru yaitu:
- Guru lulusan sekolah guru.
- Bukan lulusan sekolah guru tapi lulus ujian untuk menjadi guru.
- Guru bantu( guru yang lulus tes guru bantu).
- Guru yang di magangkan kepada guru senior( merupakan calon guru).
- Guru dari warga yang pernah mengecap pendidikan.
Keadaan
seperti di atas berlangsung sampai akhir perang kemerdekaan. Seiring
berjalannya waktu sekolah guru makin meningkatkan mutunya, sehinnga hanya ada
satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan saat ini di Indonesia
telah ada organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia. Dalam sejarahnya
guru pernah mempunyai staus yang tinggi d masyarakat. Namun saat ini telah
mulai memudar pudar seiring kepedulian yang tinggi terhadap imbalan balas jasa.
Selain itu kalah gengsi dari jabatan lain yang pendapatannya lebih baik.
Mengapa anda sebagai mahasiswa Lembaga
Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik
perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan?
Anda akan di anggap hadir jika memberikan komentar pada bahan bacaan di atas. Terima kasih. (tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama, Nim, dan Ruang). Terima kasih).
14 komentar:
Nama : Rahmad Nuthihar
NIM : 1006102040005
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
_______________________________________________
Mengapa anda sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan?
_______________________________________________
Menurut saya ;
Sebagaimana yang kita ketahui, guru merupakan profesi dan dibutuhkan sikap professional dalam menjalankan tugasnya. Sebagaimana yang dikatakan Ornstein dan Levine (1984) profesi adalah jabatan sepanjang hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan dalam hal menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis.
Dengan adanya pengetahuan menyangkut profesi guru, kedepan sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) atau calon tenaga pendidik mampu memaksimalkan tugas dan perannya dalam hal mencerdaskan anak bangsa.
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya menfokuskan pada intelektual peserta didiknya. Sikap tingkah laku dari peserta didik adalah hal yang teramat penting dan perlu ditumbuh kembangkan pada sang anak, sehingga ketika berada bergabung dalam komunitas tertentu Ianya memiliki moral yang baik dan tidak serta-merta bersikap angkuh dengan kempampuan intelektual yang dimilikinya.
Hemat saya, mata kuliah profesi pendidikan sangatlah penting, karena di dalam perkuliahan tersebut akan mempelajari banyak hal menyangkut profesi guru. Dikarenakan guru yang professional akan berpegang teguh pada kode etik, bertanggung jawab terhadap tindakannya. Dan juga memiliki prestise yang tinggi di masyarakat, hal tersebut tentunya akan kita ketahui setelah mempelajari ilmu profesi pendidikan.
Nama : Andrian
NIm : 1006102040028
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Dikarenakan tugas guru sebagai seorang pendidik haruslah memahami fungsi dan tugasnya. Seorang guru yang akan terjun ke dunia pendidikan harus dibekali dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar. Guru yang memahami fungsi dan tugasnya tidak hanya sebatas mengajarkan siswanya, tetapi juga sebagai penghubung sekolah dengan masyarakat.
Dengan kita mempelajari ilmu profesi keguruan, kita mampu mengoptimalkan peranan seorang guru. Dikarenakan di dalam perkuliahan Profesi Pendidikan, di dalamnya akan diajarkan bagaimana menjadi guru yang profesional. Guru merupakan profesi yang meliputi jabatan fungsional Menurut UU No. 14 Tahun 2005 disebutkan ;
“Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan fomal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah”
Ilmu Profesi pendidikan sangatlah berguna terutama membimbing calon guru menjadi guru yang professional. Sebagaimana kata professional diartikan ;
Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadikan sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.”
Sebagai calon guru, kedepan saya akan menerapakan ilmpu profesi yang telah saya pelajari untuk berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa. Oleh karena itu secara langsung guru yang professional ikut berperan dalam membentuk sikap dan mencerdaskan generasi bangsa.
Nama : Sarah Nadia
NIm : 1006102040024
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah profesi pendidikan ini mata kuliah syarat untuk mengikuti mikro. Tetapi, dari ini semua memang ada tujuannya tersendiri kita sebagai calon guru sangat diperlukan untuk mempelajarinya. Agar memiliki keterampilan dalam menjalankan tugas sebagai guru yang sesuai dengan aturan, prosedur kerja, dan sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada.
sehingga kita sebagai guru mampu memiliki sikap profesionalitas dalam menjalankan tugas seorang guru tidak dengan setengah hati, tetapi dengan sepenuh hati.:-)
Nama : Wahyumi
Nim : 1006102040040
Kelas : Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia
Menurut saya, karena mata kuliah ini sangat membantu guru untuk mengetahui peran dan fungsinya. Sebagai tenaga pengajar guru dituntut untuk profesional dalam belajar mengajar. Dalam menjalankan tugasnya guru harus mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar mengajar ada empat pokok yang harus dimiliki guru yaitu:
1. Menguasai bahan pengajaran
2. Merencanakan program belajar-mengajar
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses belajar-mengajar serta,
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan belajar-mengajar
Oleh karena itu, mata kuliah profesi pendidikan menjadi dasar atau teori yang harus diterapkan pada praktiknya kelak.
Nama : Rahmiana
Nim : 1006102040018
Kelas : Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia
Menurut saya, sebagai calon guru mata kuliah profesi kependidikan dan keguruan ini sangatlah perlu untuk mengajar nantinya. Pada mata kuliah ini akan di ajarkan semua yang menyangkut profesi seorang guru.
Menurut Ornstein dan Levine (1984) menyatakan bahwa profesi adalah jabatan sepanjang hayat, memerlukan ilmu dan keterampilan,menggunakan hasil penelitian dan aplikasi teori ke praktek, memerlukan pelatian khusus, mempunyai persyaratan masuk, mempunyai otonami dalam ruang lingkup kerjanya, bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil, mempunyai komitmen terhadap jabatan dan klien, menggunakan administrator, mempunyai organisasi yang dikelola anggota profesi, mempunyai kode etik, memiliki kepercayaan publik yang tinggi, mempunyai status sosial yang tinggi, ada kelompok elit untuk menilai keberhasilan.
jadi, mata kuliah ini sangat membantu saya untuk mengajar peserta didik kelak ;)
Nama: Intan Desiana Sari
Nim: 1006102040050
Kelas: Reguler C Bahasa dan Sastra Indonesia
Menurut saya, seabagai calon guru yang selalu dituntut untuk menjadi pengajar yang profesional, kita haruslah memiliki keteramilan tertentu, pernah mengikuti pelatihan khusus, bertanggung jawab terhadap keputusan yang akan kita ambil nanti dan mempunyai komitmen terhadap jabatan kita. karena tuntutan tersebutlah kita perlu mempelajari PROFESI PENDIDIKAN karena didalam mata kuliah inilah kita diajari konsep-konsep untuk menjadi pengajar yang profesional kelak.:)
Nama : Rita Sriwahyuni
NIM : 100610204003
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Menurut saya, mata kuliah Profesi Pendidikan ini adalah mata kuliah yang mempelajari tentang keprofesionalan seorang guru dalam mengajar. Mengapa mahasiswa perlu belajar tentang Profesi Pendidikan ini? Karena mata kuliah Profesi mempunyai tujuan untuk tercapainya proses belajar yang efektif. Selain itu, sebagai seorang calon guru kita wajib mengetahui peran guru dalam proses belajar mengajar. Kerena dalam proses belajar mengajar, peran guru sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Seperti yang dikemukakan oleh Ornstein da Lavine bahwa profesi adalah jabatan sepanjang hayat yang membutuhkan ilmu dan keterampilan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Kesimpulan dari penjelasan diatas ialah dengan mempelajari mata kuliah Profesi Pendidikan ini kita mengetahui peranan guru dalam pendidikan dan keprofesionalan seorang guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Kita seorang guru mampu menerapkan teori-teori yang dijelaskan diatas pada saat mengajar kelak.
Nama : elisa Yanti
NIM : 1006102040033
Ruang : Reguler C Pendikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Karena Profesi itu sendiri merupakan suatu pekerjaan pokok yang harus dilakukan untuk menafkahi kebutuhan hidup, dibidang pendidikan Profesi itu penting karena pekerjaan yang kita lakukan disekolah, kita sebagai seorang guru harus melakukan pekerjaan kita sesuai dengan yang dianjurkan, kita tidak bisa meninggalkan pekerjaan kita begitu saja, harus dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Profesi
Nama : Wilda Azlina
NIM : 1006102040021
Ruang : Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
karena Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukkan sikap yang baik sehingga dapat dijadikan panutan bagi lingkungannya, yaitu cara guru meningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuannya, memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya dan cara guru berpakaian, berbicara, bergaul baik dengan siswa, sesama guru, serta anggota masyarakat.
Nama:Wildanum
NIM:1006102040030
Ruang:Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Menurut saya, mengapa saya perlu mengetahui atau belajar profesi keguruan, karena seorang guru harus memiliki kompetensi atau ketarampilan khusus dalam mendidik. Disini seorang guru bertanggung jawab besar dalam mengapdikan dirinya untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional dan diharapkan mampu menjalankan serta melaksanakan tujuan dari pendidikan.Kemarnpuan guru sebagai tenaga kependidikan, baik secara personal, sosial, maupun profesional, harus benar-benar dipikirkan karena pada dasarnya guru sebagai tenaga kependidikan merupakan tenaga lapangan yang langsung melaksanakan kependidikan dan sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan.Terima Kasih :)
Nama:Puput Ermania
NIM:1006102040054
Ruang:Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
saya perlu mengetahui atau belajar profesi keguruan, karena seoarang tenaga pendidik harus melaksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang diharapkan.untuk membentuk pribadi para pendidik dan calon pendidik, ilmu tersebut sangat berguna bagi pendidik dan calon pendidik, karena dituntut untuk berpikir kritis dan logis, berperasaan tajam dan berkemauan keras. Guru profesional dan bermartabat menjadi impian kita semua karena akan melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis, dan berakhlak. Guru profesional dan bermartabat memberikan teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat.
Nama : Murdiana
Nim : 1006102040063
Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia
Ruang C
Mengapa kita sebagai mahasiswa Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dan sebagai calon tenaga pendidik perlu belajar dan mengetahui tentang profesi keguruan karena profesi kependidikan adalah keahlian atau kemampuan dalam bidang pendidikan meliputi persiapan pembelajaran, penyusunan strategi/ metode pembelajaran, dan penguasaan bahan pembelajaran guna mepersiapkan diri untuk menjalankan tugak sebagai tenaga kependidikan dengan baik.
sebagai kita ketahui, bahwasanya kita sebagai guru telah dipercayakan masyarakat untuk menjadi pendidik guna mencerdaskan anak bangsa. oleh karena itu menjadi seorang guru sebagai pendidik tentu saja terlebih dahulu harus terdidik. oleh sebab itu, kita sebagai calon guru perlu belajar dan mengetahui tentang profesi kependidikan sehingga kita dapat menjaga komitmen sebagai guru dengan mewujudkan proses pembelajaran dengan baik. menjadi seorang guru tidaklah mudah, kita butuh persiapan yang matang yang hanya dapat kita peroleh melalui pendidikan. Bagaimana implementasi tanggung jawab kita dalam lapangan melalui perwujudan dengan menciptakan cara dan strategi pembelajaran yang baik untuk menghasilkan proses belajar-mengajar yang efektif.
Nama : Fatmi Zahara
Nim : 1006102040026
Ruang: Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Karena sebelum seseorang menjadi guru harus dibekalkan dulu dengan ilmu prosefi keguruan, seperti yang telah kita ketahui suatu profesi memerlukan kompetensi khusus yaitu kemampuan dasar berupa ketrampilan menjalankan rutinitas sesuai dengan petunjuk, aturan, dan prosedur teknis.
Jadi, kalaupun seseorang memiliki ilmu yang banyak tetapi dia tidak paham dengan ilmu profesi keguruannya itu dikhawatrirkan dia tidak bisa menjadi guru yang profesional, sebab sebagai pengajar atau guru mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar-mengajar, tugas yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan, yaitu:
1. Menguasai bahan pengajaran
2. Merencanakan program belajar-mengajar
3. Melaksanakan, memimpin dan mengelola proses belajar-mengajar, serta
4. Menilai dan mengevaluasi kegiatan belajar-mengajar
Nama : Al-Furqan
Nim : 1006102040011
Ruang: Reguler C Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Jenis pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang diluar bidang kependidikan walaupun kenyataanya masih dilakukan orang di luar pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik yang memiliki komitmen terhadap upaya perubahan dan reformasi. Guru diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan serta sikap yang tepat terhadap pembaharuan dan sekaligus merupakan penyebar ide pembaharuan yang efektif. Oleh karena itu, kita sebagai pendidik harus belajar dan mengetahui tentang profesi pendidikan agar kita bisa jadi guru yang profesional dan juga bisa membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
Posting Komentar