Kamis, 29 Maret 2012

Pengantar Manajemen Pendidikan Pertemuan ke 4 (29 Maret 2012) Kelas Reg A

Pengantar Manajemen Pendidikan Kelas Reguler A
Pertemuan ke 4 (empat) / 29 Maret 2012

- Dr. Djailani, M.Pd
- Siraj, S.Pd., M.Pd
Keberadaan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Salah satu ukuran untuk menentukan apakah organisasi tersebut merupakan organisasi yang baik adalah apabila organisasi tersebut diakui keberadaannya oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. Pengertian dari keberadaan disini adalah adanya suatu kontribusi positif yang diberikan oleh organisasi tersebut.
Manajemen pendidikan merupakan proses pelaksanaan kegiatan organisasi melalui upaya orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Nawawi (Murniati dan Usman, 2009:37) “Manajemen merupakan kemampuan pimpinan (manajer) dalam mendayagunakan orang lain melalui kegiatan menciptakan dan mengembangkan kerjasama dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien”. Setiap organisasi termasuk organisasi pendidikan seperti sekolah sangat memerlukan manajemen untuk mengatur/mengelola kerjasama yang terjadi agar dapat berjalan dengan baik dalam pencapaian tujuan, untuk itu pengelolaannya mesti berjalan secara sistematis melalui tahapan-tahapan dengan diawali oleh suatu rencana sampai tahapan berikutnya dengan menunjukan suatu keterpaduan dalam prosesnya, sehingga makna pentingnya manajemen semakin jelas bagi kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan.
Proses manajemen sangat penting dalam menjalankan dan menjaga kelangsungan organisasi, hal ini dikarenakan para anggota dari suatu organisasi berasal dari latar belakang yang berbeda-beda sehingga mempunyai sistem nilai yang berbeda-beda pula dan setiap anggota organisasi memiliki motivasi yang mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, organisasi juga merupakan kumpulan beragam kompetensi, bukan hanya kumpulan beragam orang, sehingga perlu diterapkan manajemen yang baik agar setiap perbedaan tersebut dapat menjadi suatu harmoni untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengapa Manajemen penting dalam suatu organisasi? tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama, Nim, dan Kelas). Terima kasih.

Anda dianggap hadir jika meninggalkan komentar pada bacaan di atas.

15 komentar:

budi pramana putra damanik mengatakan...

jelas sangat penting karena manajemen merupakan langkah awal yang sangat perlu diperhatikan dalam menjalankan suatu organisasi. jadi setiap orang yamg berperan dalam organisasi tersebut haruslah membuat manajemen yang benar-benar baik untuk organisasinya kedepan karena apabila manajemen suatu organisasi itu buruk, maka visi dan misi ataupun tujuan yang ingin dicapai tidak akan berjalan dengan baik sebaliknya apabila manajemen suatu organisasi itu baik maka visi dan misi ataupun tujuan yang ingin di capai aaakan berjalan dengan lancar sesuai yang di harapkan oleh setiap orang yang berperan dalam organisasi tersebut. karena sesungguhnya setiap oraang yang berperan dalam suatu organisasi memiliki visi dan misi ataupun tujuan yang sama.

octiara fatmasari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Car and Specs mengatakan...

saya rasa, dalam segala sesuatu yang ingin kita lakukan, tentu sebelumnya kita harus mempersiapkannya, nah untuk mempersiapkan ini tentunya kita butuh managemen yang mengatur segala sesuatu yang akan kita laksanakan tersebut... begitu juga dalam organisasi, untuk menyelenggerakan suatu acara tentu harus ada managemennya,,,,

Nama : Irwansyah Putra
NIM : 1006103030095
Kelas : Reguler A

Zulyansyah Ilham mengatakan...

ZULYANSYAH ILHAM
1006103030047
REGULER A

Manajemen pada prinsipnya bagaimana mengatur kegiatan agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan yang diharapkan tersebut akan berhasil dengan baik bilamana kemampuan manusia yang terbatas baik pengetahuan, tehnologi, skill maupun waktu yang dimiliki itu, dapat dikembangkan dengan membagi tugas pekerjaannya, wewenang dan tanggung jawabnya kepada orang lain sehingga secara sinergis dan mutual simbiosis membentuk kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dan pencapaian tujuan lebih baik, tanpa ada kerjasama yang baik maka tidak ada "manajemen".

Manajemen dikatakan penting, dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya adalah :
1. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk di kerjakan sendiri, sehingga diperlukan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.
2. Suatu organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna
3. Manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki
4. Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan
5. Manajemen yang baik harus jelas sasaran yang hendak dituju
6. Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi
7. Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisan, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan.
8. Manajemen diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan Juga perkembangan agar lebih baik lagi.

Sekian.

may frie pratiwi mengatakan...

Manajemem dikatakan penting dalam suatu organisasi karena pada dasarnya manajemen adalah bagaimana cara mengatur sebuah kegiatan agar berjalan dengan baik sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Tujuan tersebut akan tercapai secara optimal apabila masing-masing anggota dapat bertanggungjawab terhadap pekerjaannya dan menjalin kerjasama yang baik diantara anggota. Karena tanpa adanya kerjasama, maka tidak ada manajemen.

Nama : May Frie Pratiwi
NIM : 1006103030005
Kelas : Regular A

Reraliza Ulika Aulia mengatakan...

manajemen sangat penting dalam suatu organisasi. karena organisasi butuh sebuah proses atau rancangan untuk menentukan keberhasilan dari orgnisasi itu sendiri.
kata lainnnya, manajemen merupakan pondasi bagi suatu organisasi.
bukan hanya di tinjau dari segi manajemennya saja, kita juga perlu memperhatikan orang yang memenej suatu organisasi itu,
jika orang yang memenej dan manajemennya sudah pas, maka organisasi yang akan dijalankan juga akan pas, dan begitupun sebaliknya.

RERALIZA ULIKA AULIA
1006103030064
FISIKA REG A

Tika Yuliana mengatakan...

Menurut saya, manajemen penting dalam menjalankan suatu organisasi karena peran manajemen dapat membantu berjalannya suatu organisasi dengan baik. Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa manajeman dapat menjalankan dan menjaga organisasi agar berjalan dengan baik. Dalam menjalankan suatu organisasi , manajemen berperan untuk mengatur semua yang dibutuhkan dalam organisasi sehingga setiap organisasi tidak terlepas dari manajemen. Maka oleh karena itu dengan adanya manajemen, suatu organisasi akan berjalan sesuai dengan visi dan misi.
Nama : Tika Yuliana
Nim : 1006103030001
Kelas : Reg A

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

ya, bener banget tuh.. kalau pendidikan kita tidak dimanage dengan baik dan benar, maka akan kacaulah pendidikan itu sendiri.
sekian.

DINIYA
1006103030046
REGULER A

Suci R Tari mengatakan...

Organisasi adalah kumpulan individu dari berbagai latar belakang yang memiliki tujuan yang sama dan bernaung dalam satu wadah. Salah satu bagian penting dari organisasi adalah meng-harmonisasi-kan sekelompok individu yang berbeda, mempertemukan bermacam-macam kepentingan dan memanfaatkan potensi semuanya ke arah yang dituju. Nah, disinilah peran penting manajemen, manajemen adalah proses untuk mengelola sumber-sumber organisasi untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Manajemen disini termasuk mengatur perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Apabila didalam suatu organisasi tidak memiliki manajemen yang bagus/baik maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Analoginya, apabila organisasi sebuah kereta api maka manajemen merupakan rel keretanya. Bayangkan kereta api tanpa rel tentu kereta tidak bisa bergerak dan tidak memberikan manfaat apapun. Seperti itu juga organisasi dan manajemen, tanpa manajemen organisasi tidak akan berjalan.

Suci Rizkina Tari
1006103030040
Fisika Reguler A

Agus Saftia mengatakan...

menurut saya, mengapa managemen itu diperlukan dalam organisasi, karena didalam organisasi itu terdapat struktur-struktur yang dibentuk dalam organisasi itu sendiri, dimana struktur itu terdiri dari pemimpin dan anggota-anggotanya untuk mencapai suatu tujuan bersama. untuk itu perlu manajemen dalam hal ini, agar hasil dan tujuannya itu terlaksana dan tercapai sesuai harapan..
sekian

AGUS SAFTIA
1006103030070
REGULER A

ann mengatakan...

Dalam suatu organisasi pasti memiliki suatu tujuan yang diharapkan sehingga organisasi itu didirikan dan dalam menjalankannya membutuhkan manajemen untuk mengatur hal-hal atau kegiatan apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya agar tujuan dari organisasi tersebut terpenuhi.Jika tidak terdapatnya manajemen dalam suatu organisasi, maka organisasi tersebut tidak akan mungkin berjalan. Dan berjalan dengan baik atau tidaknya suatu organisasi bergantung pada yang melakukan manajemen tersebut.

ANNA MASHFUFAH
1006103030088
REGULER A

RISKA MULYANI mengatakan...

Menurut saya manajemen sangat penting dalam organisasi. Karena, dalam sebuah organisasi pasti memiliki tujuan, sehingga dalam menjalankan organisasi dibutuhkan manajemen untuk mengatur hal-hal yang dilaksanakan agar mampu mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada dasarnya manajemen berperan penting dalam sebuah organisasi dalam mengatur segala hal yang bersangkutan dengan organisasi tersebut.

RISKA MULYANI
1006103030043
REGULER A

Murni Mustari mengatakan...

ya, karena manajemen itu sendiri sangat utama dalam suatu organisasi. oleh karena itu, jika suatu organisasi tanpa ada yang mengurusi tanpa manajemennya, maka akan sulit mencapai tujuan yang diharapkan.

MURNI MUSTARI
1006103030091
REGULER A

Suci Rahmi Ananda mengatakan...

Saya setuju jika manajemen itu sangat penting dalam organisasi, karna pada dasarnya tujuan dan prinsip dari manajemen adalah sama yaitu kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian atas program yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan memperoleh keuntungan.
Dengan adanya manajemen yang baik dalam sebuah organisasi, InsyaALLAH kita dapat melaksanakan program-program yang telah direncanakan sehingga mencapai tujuan yang diinginkan…
Sekian dari Saya.

SUCI RAHMI ANANDA
1006103030089
REGULER A

Trya Mirda mengatakan...

assalamualaikm,
organisasi adalah suatu wadah/kumpulan individu yang di dalamnya terdapat pemimpin dan anggota yang memiliki tujuan tertentu.managemen adalah sesuatu yang teratur atau terencana. Contoh sederhana adalah managemen waktu.
untuk mencapai tujuan organisasi yang baik dan maksimal diperlukan sistem managemen yang baik dalam segala hal sehingga semua visi misi organisasi terlaksana.

Trya Andayani Mirda
1006103030039

(maaf pak,komentar saya yang awal tidak muncul di blog bpak, padahal saya sudah posting 2 minggu yang lalu.)

Posting Komentar

 
Unsyiah - IAIN - Kompas