Kamis, 29 Maret 2012

Pengantar Manajemen Pendidikan Pertemuan ke 4 (29 Maret 2012) Kelas Reg B

Pengantar Manajemen Pendidikan Kelas Reguler B
Pertemuan ke 4 (empat) / 29 Maret 2012

- Dr. Djailani, M.Pd
- Siraj, S.Pd., M.Pd


Keberadaan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Salah satu ukuran untuk menentukan apakah organisasi tersebut merupakan organisasi yang baik adalah apabila organisasi tersebut diakui keberadaannya oleh masyarakat yang ada di sekitarnya. Pengertian dari keberadaan disini adalah adanya suatu kontribusi positif yang diberikan oleh organisasi tersebut.

Manajemen pendidikan merupakan proses pelaksanaan kegiatan organisasi melalui upaya orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Nawawi (Murniati dan Usman, 2009:37) “Manajemen merupakan kemampuan pimpinan (manajer) dalam mendayagunakan orang lain melalui kegiatan menciptakan dan mengembangkan kerjasama dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien”. Setiap organisasi termasuk organisasi pendidikan seperti sekolah sangat memerlukan manajemen untuk mengatur/mengelola kerjasama yang terjadi agar dapat berjalan dengan baik dalam pencapaian tujuan, untuk itu pengelolaannya mesti berjalan secara sistematis melalui tahapan-tahapan dengan diawali oleh suatu rencana sampai tahapan berikutnya dengan menunjukan suatu keterpaduan dalam prosesnya, sehingga makna pentingnya manajemen semakin jelas bagi kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan.

Proses manajemen sangat penting dalam menjalankan dan menjaga kelangsungan organisasi, hal ini dikarenakan para anggota dari suatu organisasi berasal dari latar belakang yang berbeda-beda sehingga mempunyai sistem nilai yang berbeda-beda pula dan setiap anggota organisasi memiliki motivasi yang mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, organisasi juga merupakan kumpulan beragam kompetensi, bukan hanya kumpulan beragam orang, sehingga perlu diterapkan manajemen yang baik agar setiap perbedaan tersebut dapat menjadi suatu harmoni untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengapa Manajemen penting dalam suatu organisasi? tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama, Nim, dan Kelas). Terima kasih.

Anda dianggap hadir jika meninggalkan komentar pada bacaan di atas.


14 komentar:

lia safrida mengatakan...

dan bagaimana dengan managemen kuliah kita sekarang,,,? apakah sudah benar dan baik atau belum,,?

nori arjuliadi mengatakan...

Manajemen sagat lah perlu dalam organisasi , krna setiap kta melakukan kegiatan-kegiatan organisasi kita harus d susun dengan manajemen supaya kegiatan tersebut sukses dan berjalan lancar dalam mejalakan kegiatan tersebut.

Bapak, bagaimana kta menjanlan sebuah organisasi supaya bisa sukses dan kuliah pun sukses jugak, tak lalai dalam oranisasi trus ?????

Nama: Nori Arjuliadi
Nim: 1006103030022
kelas: Reg B

Unknown mengatakan...

klau mnurut saya, karena manajemen itu adalah suatu sendi-sendi dalam berorganisasi, jika manajemen tdak ada, maka organisasi akan rapuh layaknya tubuh tanpa sendi-sendi, jadi manajemen sangat diperlukan dalam bentuk apapun, baik dalam berorganisasi maupun dalam pribadi sendiri

Unknown mengatakan...

klau mnurut saya, karena manajemen itu adalah suatu sendi-sendi dalam berorganisasi, jika manajemen tdak ada, maka organisasi akan rapuh layaknya tubuh tanpa sendi-sendi, jadi manajemen sangat diperlukan dalam bentuk apapun, baik dalam berorganisasi maupun dalam pribadi sendiri

T.Raiyan fadjrul
1006103030036

Eva Tri Purnaningsih mengatakan...

Nama : Eva Tri Purnaningsih
Nim : 1006103030048
Kelas: Regular B

assalamu'alaikum ...
Mengapa manajemen penting dalam organisasi ??
Menurut saya manajemen dikatakan penting, dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya dikarenakan oleh :

1. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk di kerjakan sendiri, sehingga diperlukan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.

2. Suatu organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna

3. Manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki

4. Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan

5. Manajemen yang baik harus jelas sasaran yang hendak dituju

6. Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi

7. Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisan, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan.

8. Manajemen diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan Juga perkembangan agar lebih baik lagi.

ida ratna nila mengatakan...

Manajemen pada prinsipnya itu mengatur
Bagaimana suatu kegiatan itu,agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan.
Tujuan yang diharapkan_a itu mampu m'cpai suatu k'berhasilan
dengan baik bilamana kemampuan manusia yang terbatas baik pengetahuan, tehnologi, skill maupun
waktu yang dimiliki itu, dapat dikembangkan dengan
membagi tugas pekerjaannya dan tanggung jawabnya kepada orang lain.sehingga,secara sinergis dan mutual simbiosis membentuk
kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dan juga mampu pencapaian tujuan y lebih baik & optimal,namun...
tanpa ada kerjasama yang baik maka tidak ada
“manajemen”. Bila pun ada, itu smw mrpakn manajemen y mngrah kpd tradisional atau otoriter.
IDA RATNA NILA
REG B
1006103030083

Dewi Nurita mengatakan...

asslamualaikum, bapak apa-apa saja yang tergolong contoh dari kontribusi positif?
terimakasih

Nama : Dewi Nurita
Nim : 1006103030020
Kelas : Reguler B

octiara fatmasari mengatakan...

Saya setuju sekali manajemen sangat diperlukan dlam suatu organisasi. Dengan adanya manajemen , adanya suatu aturan atau acuan kita terhadap suatu organisasi tersebut.Organisasi bisa berhasil bila tujuan , visi, dan misi dlam organisasi tersebut tercapai. Dalam organisasi tidak hanya terdiri dari 1 orang saja ttapi beberapa orang yang mempunyai tujuan yang sama.
Karena terdiri dari beberapa orang yang stiap pola fikir dan pendapatnya terkadang berbeda,, disinilah dibutuhkan manajemen,
seperti manajemen waktu, manajemen konflik, manajemen kepemimpinan, dll.
Dalam suatu organisasi perbedaan bukan menjadi suatu masalah, tetapi dengan perbedaan akan membuat saling melengkapi apalagi bila dilengkapi dengan manajemen (alat kontrol atau pengatur).
ada sedikit pertanyaan :
bagaimana menyeimbangkan manajemen waktu dalam suatu organisasi?
kemudian, seandainya dalam organisasi itu, pemimpinnya krang disiplin atau krang bisa memanejemen waktu, bagaimana cara bawahannya menegur atau mengubah prilaku pemimpinnya, sedangkan pemimpin itu harus lebih jadi penutan dari pada yang lain,,dan kondisinya pemimpin tersebut susah untk menerima pendapat orang lain,,?
Nama : Octiara Fatmasari
NIM : 1006103030037
kelas: reg B

iza ismizar mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Winda Meutia mengatakan...

NAMA : WINDA MEUTIA
NIM : 1006103030079
KELAS : REGULAR B

Assalamu'alaikum ..
Menurut saya, manajemen mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi karena organisasi tanpa manajemen sama dengan nol. contoh kecilnya diri kita sendiri , diri kita merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan anggota tubuh yang dipimpin atau dimanajemen oleh otak. Bayangkan jika otak tidak mampu menghandle diri kita ??? What's happen ??
Maka dari itu , dalam sebuah organisasi sumber daya yang tersedia harus benar-benar dimanage semaksimal mungkin agar hasil yang dicapai efektif dan efesien .

iza ismizar mengatakan...

menurut saya manajemen itu sangat perlu dalam sebuah organisasi karena dengan adanya manajemen maka akan terbentuknya peraturan lebih tepatnya sebuah peraturan, karena pastinya organisasi yang dilaksanakan pasti akan mencapai tujuan. itu kalo ada manajemen.
kalau tidak ada manajemen maka tidak adanya peraturan.
nah sekarang yang kita lihat didunia pendidikan kita ni,apakah sudah ada manajemen yang terlaksanakan? itu mungkin yang menjadi pertanyaan saya....
NAMA: KHAIRUNNISAK
1006103030024

Nisa physic mengatakan...

menurut saya manajemen itu sangat perlu dalam sebuah organisasi karena dengan adanya manajemen maka akan terbentuknya peraturan lebih tepatnya sebuah peraturan, karena pastinya organisasi yang dilaksanakan pasti akan mencapai tujuan. itu kalo ada manajemen.
kalau tidak ada manajemen maka tidak adanya peraturan.
nah sekarang yang kita lihat didunia pendidikan kita ni,apakah sudah ada manajemen yang terlaksanakan? itu mungkin yang menjadi pertanyaan saya....
NAMA: KHAIRUNNISAK
1006103030024

yeninda sartika mengatakan...

assalamu'alaikum..
menurut sy,,manajmen dlm organisasi sangatlah penting,
krn adanya manajemen yg efektif maka organisasi tersebut akan menghasilkn suatu visi dan misi yg memuaskan..

nama: yeninda sartika
nim : 1006103030052
reg : B

nurul rahmah mengatakan...

menurut saya,sebetulnya manajemen sama usianya dengan kehidupan manusia,mengapa dikata demikian? karena manusia tidak akan terlepas dari yang namanya manajemen didalam kehidupan sehari-harinya.
manajeman diperlukan oleh siapa saja dan kapan saja...

nurul rahmah
1006103030035

Posting Komentar

 
Unsyiah - IAIN - Kompas