Senin, 08 Oktober 2012

Penelitian Pend. Fisika Part 2 (FKIP Fisika USM/Senin, 8-10-12)

 
Penelitian Pendidikan Fisika
Konsep Dasar Metodologi Penelitian
Pertemuan ke 2 (dua)
Ruang D 3.4 (Senin, 8-10-2012)
- Drs. Evendi, M.Pd
- Siraj, S.Pd., M.Pd




Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis. Penelitian biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang perduli terhadap permasalahan ilmiah, seperti mahasiswa, guru, dosen, atau anggota lembaga penelitian.  Penelitian mencakup berbagai macam bidang. Ada penelitian bidang ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, penelitian bahasa, penelitian kebijakan, juga penelitian pendidikan.

Penelitian pendidikan merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui permasalahan dalam dunia pendidikan. Pada saat melakukan penelitian, seorang peneliti membutuhkan suatu metode agar penelitian berjalan sesuai dengan tujuannya. Dengan menggunakan metode penelitian, diharapkan hasil penelitian menjadi lebih akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian berbeda-beda. Metode yang digunakan dalam penelitian pendidikan tentu saja berbeda dengan metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif, kuantitatif, maupun R & D (Research and Development).

Metodologi penelitian memiliki beberapa pengertian sebagai berikut:

  1. Metodologi penelitian adalah ilmu tentang metode teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya.   
  2. Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. 
  3. Metodologi penelitian yaitu rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang didasari oleh asumsi dasar, pandangan-pandangan filosofis dan ideologis, serta pertanyaan dan isu-isu yang dihadapi.
Suatu metodologi memiliki rancangan penelitian (research design) tertentu. Rancangan ini menggambarkan prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, dan sumber data. Rancangan penelitian digunakan agar penelitian dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat sehingga jawaban atas permasalahan penelitian menjadi akurat (tepat).

Kenapa penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah? berikan pendapat anda.
 
Anda akan di anggap hadir jika memberikan komentar pada bahan bacaan di atas. Tinggalkan komentar anda pada Blog ini atau ke Facebook Siraj raj lengkap dengan identitas anda (Nama & Nim) Terima Kasih.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Karena Penelitian Merupakan Salah satu sifat dasar yang dimiliki manusia dan Sifat tersebut akan mendorong manusia bertanya untuk mendapatkan penge-tahuan.
NAMA : Husnulmalya
NPM : 1011040006
FKIP : FISIKA

Anonim mengatakan...

karena penelitian merupakan kegiatan yang ingin mengetahui pokok permasalahan dalam dunia pendidikan atau kegiatan yang menguji hipotesis dengan berbagai pengertian dari metode penelitian. penelitian juga memiliki rancangan penelitian yang harus memenuhi langkah-langkah penelitiannya.
1. harus memiliki sumber data
2. harus memiliki waktu
3. harus memiliki laporan

NAMA: BAMBANG SISWOYO
NPM: 0911040024
Jurusan: FKIP-FISIKA

Anonim mengatakan...

karena penelitian merupakan kegiatan yang alami dalm mencapai dan mengetahui pokok permasalahan dalam dunia pendidikan dan penelitian ini juga memiliki rancangannya.

NAMA: MIFTAHUL HADI
NPM: 0911040003
Jurusan: FKIP-FISIKA

Anonim mengatakan...

karena penelitian merupakan kegiatan yang kita kerjakan berkelompok dan semua yang kita kerjakan alami dari hasil yang kita kerjakan, dalam mengetahui pokok permasalahan dalam dunia pendidikan dan penelitian ini lebih baiknya kita lakukan sesuai prosedur atau langkah-langkah yang telah ditetapkan.

Nama : Ahhadda
Npm : 0911040007
Jurusan : Fkip-Fisika Universitas serambi mekkah

Anonim mengatakan...

Karena penelitian pendidikan merupakan kegiatan yang memiliki metode-metode yang mempunyai arti yang bebrbeda-beda dan harus memenuhi syarat dalam mencapai pkok permasalahan dalam dunia pendidikan dan pengetahuan.

NAMA: FAISAL
NPM: 1111040025
Jurusan: FKIP-FISIKA USM

Posting Komentar

 
Unsyiah - IAIN - Kompas