STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
PERTEMUAN KE 2 (23 April 2012)
PRODI PENDIDIKAN FISIKA
- Drs. Evendi, M.Pd
- Siraj, S.Pd., M.Pd
Dalam sejarah dunia pendidikan
guru merupakan sosok figur teladan bagi siswa dan siswi yang harus memiliki
strategi dan teknik-teknik dalam mengajar. Kegiatan belajar mengajar sebagai
sistem intruksional merupakan interaksi antara siswa dengan komponen-komponen
lainnya, dan guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran agar lebih aktif dan
efektif secara optimal. Dengan mempelajari Strategi Belajar Mengajar berarti
setiap guru mulai memasuki suatu kegiatan yang bernilai edukatif.
Nilai edukatif mewarnai
interaksi yang terjadi antara guru dgn anak didik. Interaksi yg bernilai
edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk
mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan.
Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dgn
memanfaatkan segala sesuatu guna kepentingan pembelajaran.
Secara umum strategi mempunyai
pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai
sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi
bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam
mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan.
Ada empat strategi dasar dalam
belajar mengajar yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
- Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
- Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
- Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.
Menurut Biggs (Syah, 2006:90),
“Belajar merupakan kegiatan untuk menerima, menanggapi dan menganalisa
bahan-bahan pelajaran yang diberikan guru”. Belajar akan berjalan baik apabila
disertai dengan tujuan yang jelas. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku
akibat adanya interaksi individu dengan lingkungannya. Interaksi yang dimaksud
adalah interaksi belajar mengajar. Belajar juga dapat dipahami sebagai usaha
atau latihan agar memperoleh suatu kepandaian. Dalam implementasinya belajar
merupakan kegiatan individu untuk memperoleh pengetahuan, perilaku dan
keterampilan dengan cara mengolah belajar. Karena itu seseorang dikatakan
belajar apabila ia mengalami suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatu
perubahan tingkah laku.
Menurut Slameto (2003:2),
“Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh
suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil
pengalamanya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”. Menurut Hamalik
(2001:37), “Belajar adalah suatu proses perubahan
tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan”.
Belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan pada diri orang yang
belajar, apakah mengarah kepada yang lebih baik ataupun yang kurang baik,
direncanakan atau tidak. Belajar
juga dapat diperoleh melalui pengalaman yang berbentuk interaksi dengan orang
lain atau lingkungannya.
Anda dianggap hadir jika meninggalkan komentar pada bacaan di atas.
9 komentar:
stategi belajar mengajar memerlukan tehnik tersendiri agar terjadi interaksi yang baik antara guru dan murid .agar suasana kelas yang diharapkan bisa teircapai .disini butuh ketrampilan khusus agar siswa lebih nyaman dan materi yang disampaikan akan tercapai. NOVI YANA USM (1011040010).
Interaksi antara pendidik dan peserta didik mempunyai hubungan yang sangat erat.karena apa yang dilakukan oleh seorang pendidik merupakan contoh bagi peserta didiknya. karena apa yang dilakukan oleh seorang pendidik mempunyai nilai edukatif.
LIDYA OKTORA USM(1111040026)
Saya sangat setuju bahwa guru merupakan sosok guru teladan bagi siswa dan siswi yang harus memiliki strategi dan teknik-teknik dalam mengajar, karena dengan adanya strategi dan teknik-teknik dalam mengajar kegiatan guru dan anak didik dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar dapat dicapai
NURRAHMI (1011040019)
stategi belajar mengajar adalah suatu cara untuk pendekatan antara sipendidik dengan yang dididik,kerena pendidik itu sangat mempengruhi pendidik,misalnya seorang murid melihat prilaku seorang guru yang baik,maka murid akan mencontohi apa yang dilakukan gurunya.SAFRINA USM(1011040024)
stategi belajar mengajar merupakan suatu peruban tingkah laku individu dari yang tidak tau menjadi tau.dengan adanya sategi maka belajar mejdi lebih bagus.
deni sinawati (1011040004)
ya saya setuju, guru harus membina siswanya seutuhnya untuk membangun jiwa yang berdasarkan pancasila.
aldo herpriadi (1011040005) fkip fisika usm
ya saya setuju dengan poin ke 2 (dua) dalam sistem belajar mengajar, seorang guru harus memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat,
dan seorang guru itu harus menyesuaikannya dirinya terhadap hal tersebut.
M.husaini,s (1011040026)USM.
selain membimbing dan mengajar dengan baik, seorang guru juga harus pempunyai trik khusus dalam stategi ngajar-mengajar, kerena dengan cara penyampaian yang menarik dan muda untuk dipahami maka siswa/i tersebut otomatis tertarik untuk mendengar apa yg akan di sampaikan, selain itu guru juga dapat memberi motivasi kepada siswa/i guna untuk mendorong siswa/i tersebut lebih semangat belajar.
RISKA IDA IRAWAN
(1011040013)
FKIP FISIKA
follow blog saya balik kak, aku dah follow pnya kk ... makasih .. :)
http://newjoesafirablog.blogspot.com
Posting Komentar